Dosen Pembimbing Sibuk???

Dosen yang terlalu sibuk mengerjakan proyek sebenarnya merupakan satu kasus yang cukup sering dialami oleh kita sebagai seorang mahasiswa.

Namun perlu diingat bahwa proyek dosen sebenarnya bukanlah suatu hal yang negatif karena proyek dosen merupakan salah satu bentuk kerjasama paling nyata antara dunia industri dan dunia akademisi dimana kedua pihak berada dalam posisi saling menguntungkan.

Hal ini bisa menjadi masalah bila kesibukan dosen ini justru membuat dosen lupa akan kewajibannya sebagai seorang akademisi.

Di satu sisi ia harus menjalankan kewajibannya sebagai seorang pengajar dan pembimbing namun di sisi lain ia juga memiliki hak untuk mengaplikasikan ilmu yang dia miliki dalam kegiatan proyek-proyek di industri.

Sementara kita sebagai mahasiswa memiliki hak untuk medapatkan pengajaran dan bimbingan dari dosen kita. Agak dilematis memang, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut:

  1. Brur, perlu diingat bahwa mahasiswa jauh berbeda dengan siswa (ketika kita sekolah dulu). Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut lebih mandiri dan tidak terlalu bergantung kepada dosen. Berbeda dengan masa ketika kita masih di sekolah, kita selalu mendapat bimbingan dari guru setiap saat dalam masa belajar mengajar. Oleh karena itu, cobalah sebisa mungkin untuk mengatasi masalah-masalah yang ada dengan mandiri. Coba telaah semua permasalahan dan telusuri semua literatur yang ada. Bila kita benar-benar tidak bisa mendapat jawaban, barulah berusaha untuk mencari bantuan pihak lain.
  2. Coba berdiskusi dengan pihak lain, mungkin dengan rekan anda di kampus atau mungkin berdiskusi dengan teman-teman di Forum diskusi.
  3. Bila cara-cara diatas masih belum berhasil juga, coba hubungi dosen pembimbing tsb dengan segala cara, coba buat janji untuk bertemu di kampus, bila tidak bisa, kita bisa mencoba untuk bertemu di rumah dosen tersebut (bila dosen ybs tidak keberatan), atau mungkin coba hubungi lewat email, sms, atau telepon. Coba ceritakan secara jelas dan ringkas permasalahan yang anda hadapi, sehingga dosen ybs bisa mengerti kondisi anda saat ini.
  4. Bila memang ternyata dosen pembimbing itu sangat sulit dihubungi, kita bisa mencoba menghubungi dosen lain yang kira-kira memiliki kompetensi di bidang permasalahan kita. Jangan lupa untuk meminta dengan baik-baik bantuan dosen tersebut.
  5. Bila cara-cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah, mungkin sebaiknya kita segera menghubungi dosen koordinator penelitian di kampus anda, karena permasalahan kita secara tidak langsung juga merupakan tanggung jawab koordinator penelitian di kampus. Mungkin dosen koordinator tsb bisa merekomendasikan dosen lain sebagai pembimbing tambahan.

Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu dan memberi pencerahan bagi saudara Iman dan juga teman-teman yang lain yang mungkin memiliki permasalahan yang sama. Bila membutuhkan informasi atau bantuan lain rekan-rekan terdekat akan siap membantu. hehehe

Semangat! Semua masalah pasti ada solusinya!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s